Laman

Senin, 21 Mei 2012

Sejarah Silat BEKSI Betawi

Asal-usul ini telah direvisi susai dengan yang diceritakan oleh guru besar SILAT BEKSI kong Nur Abdul Malik.

Terdapatlah seorang Tionghoa peternak yang tinggal di daerah dadap Tangerang ( sekarang yang dikenal dengan cina benteng) bernama Lie Ceng Oek. sebenarnya keluarga Lie sendiri tidak mempunyai atau mewarisi beladiri apapun dari negeri asalanya. cerita disingkat sampai lie sedang berteduh di sebuah gua di daerah tersebut setelah selesai mengangon ternak peliharaannya ketika kala itu terjadi hujan. 

Saat berteduh lie, mendapat panggilan untuk masuk ke dalam gua tersebut,. di dalam gua lie ceng oek bertemu dengan sosok tinggi yang disebut oleh orang betawi ki idan/ ki jidan. Mulai dari situlah lie ceng oek belajar silat (meski tidak diceritakan bagaimana mulanya). setelah tamat belajar beladiri, lie ceng oek mulai membangun reputasinya di dunia persilatan yang kala itu di daerah tersebut masih banyak para pendekar dan centeng terkenal.

Nama Lie Ceng oek pun akhirnya terdengar ke seantero batavia, terlebih ketika dia berhasil menjadi seorang saudagar kaya dierahnya. Hinnga akhirnya bertemulah lie dengan Gozalih yang kala itu, diklaim sebagai pendekar silat terkenal dari salah satu aliran di betawi. kong Gozalih sendiri akhirnya belajar bie sie ( nama yang diberikan lie ceng oek kala itu) setelah ia dikalahkan oleh ceng oek. seiring dengan hal itu, kemudian juga masuk nama-nama besar yang hingga kemudian dikenal sebagai guru dari tiga guru besar BEKSI yaitu, kyai Marhali.

Nama Bie Sie sendiri akhirnya berubah menjadi BEKSI atas logat masyarakat betawi kala itu, yang berarti pertahan empat penjuru. dari kyai Marhali sendir yang akhirnya terakhir kali bertempat di daerah Benda, Tangerang, mempunyai sejumlah murid yang tiga diantaranya menjadi guru besar dan akhirnya membawa nama beksi hingga dikenal seantero jakarta.

Sejarah Silat BEKSI Betawi

Lebih lanjut BEKSI lebih dikenal dari daerah petukangan jakarta selatan dikarenakan, disitulah awal mula ketiga guru besar mengembangkan silat beksi. sementar aperguruan beksi yang berasaa darimurid kyai Marhali lainnya masih tersebar di daerah pelosok tangerang hingga cengkareng jakarta barat, yang hingga saat ini masih diajarkan secara turun temurun.

Lebih lanjut inilah para tokohnya berdasarkan generasi :

Generasi I      : Ki Jidan (Ki Iban)
Generasi II     : Ki Lie Cengk Ok, Ki Tempang, Ki Muna, Ki Dalang Ji’ah
Generasi III    : Kong Marhali, Kong Godjalih
Generasi IV    : Kong H Hasbullah, Kong HM Nur, Kong Simin, Minggu, Salam Kalut, H Mansyur, Muhammad Bopeng
Generasi V     : Tonganih, Dimroh, HM Yusuf, HM Nuh, Sidik, H Namat, H Syahro, Mandor Simin, Umar
Generasi VI    : H Machtum, Tong tirih, H Dani, Udin Sakor, Soleh, Tholib/syaiful, dll
Generasi VII   : Abdul Aziz, Abdul Malik, HA Yani, Mftah, Nasrullah, dll

Selain itu ada beberapa nama yang belum disebutkan dari para murid Kyai Marhali lainnya, dan penerusnya hingga kini seperti Lie Jie Tong dan Nona Loen sebagai pewaris permainan senjata atau golok.

Dan adapun nama- nama jurus di perguruan Beksi kong Nur Petukangan adalah :

1.  Jurus Beksi
2.  Jurus Gedig
3.  Jurus Tancep
4.  Jurus Ganden
5.  Jurus Bandut/bandul
6.  Jurus Broneng
7.  Jurus Tingkes
8.  Jurus timpug
9.  Jurus Kebut
10. Jurus Tiga
11. Jurus Galang Tiga
12. Jurus Galang Lima

Sumber : sahabatsilat.com/forum/aliran-pencak-silat/

Artikel Terkait Lainnya Pada Blog Ini:



10 komentar:

  1. Saya seneng niyh ada artikel yang ngebahas soal Beksi. cuman maaf banget niyh, knp penyebutan Generasi2nya kaga lengkap ya? yang paling keliatan banget mah kaga ada nama Kong H. Ma'ih (kebetulan gurunya dari guru saya Bang Mulyadi) Beliau itu muridnya Kong H. Hasbullah langsung..

    Tapi ga apa2 dah, yang penting mah saya seneng atas artikel ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bang kalau ada nama yang luput, Mungkin ketika menceritakan ada nama yang luput atau dipanggil dengan nama lain..

      Hapus
  2. maaf y, kalo mau benar2 tau cerita aslinya datang aja ke tangerang dadap, ceritanya sedikit di rubah-rubah, soalnya tangerang tempat ia tinggal kaga ada goa, rumah saya dekat dengan beliau, dan masih saudaranya, jadi saya tau betul tempat ia tinggal, sekarang rumah ia di jadikan rumah kawin yang namanya rumah kawin Lie Jie Tong, dan rumahnya sekarang tidak jauh dengan rumah lamanya, di depan rumah kawin Lie Jie Tong sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang masuk akal bang, Saya juga taulah kondisi di dadap bagaimana, Mohon maaf kalau ada kesalahan..

      Hapus
  3. nah ini baru bener bang sejarah beksi
    karena saya nonton di yuotube cucu nya lie ceng ok yaitu lie jie tong membenarkan klo lie ceng ok itu ga punya jurus dateng k indonesia
    sampe ketemu ki jidan baru belajar beksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bang, benar atau tidaknya saya juga kurang tahu..inimahkan cuma di ceritain..

      Hapus
  4. kenalkan saya cicit dari uyut ki lie ceng oek
    dan saya kturunan beliau
    dan kakek saya adalaha lie doton cucuk dari lie cenq oek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga bang, kalau abang tau cerita lainnya tentang sejarah beksi ini mungkin bisa menambahkan...

      Hapus
  5. Assalamu'alaikum wrwb .... Maaf bg ..ane cm mo' ngomentarin foto guru2 besar beksi di atas tu bukan punyanye Beksi Kong Nur ..dah ...tp entu Punya nye Beksi Tradisional H.Hasbullah .........

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam bang..Maaf bang ini kan sejarah silat beksi, jadi bukan bicara punya siapa..Kebetulan sumbernya dari kong nur aja.. Mohon maaf kalau gambarnya salah..

      Hapus